Versi lain dari 125 YA-1, meskipun kurang dikenal, dikembangkan di tahun yang sama 1955 oleh insinyur Yamaha. Mesin ini mengambil nama YB-1. Modifikasi utama dilakukan untuk mesin ini berada di peningkatan kapasitas 4 sentimeter kubik. Modifikasi ini memungkinkan untuk memperoleh kekuatan yang sama tetapi pada kecepatan rendah 500 rpm. Torsi 0,96 kgm juga tidak berubah, namun diperoleh pada kecepatan 3000 putaran / menit atau 300 r / min lebih rendah dari rilis YA-1. Hal ini memungkinkan, tanpa mengubah kinerja, memiliki peningkatan kehandalan mesin dengan mengurangi kecepatan rotasi. Spesifikasi dari waktu memberikan lebih berat 10 kg dibanding pendahulunya, sulit untuk menjelaskan. Yamaha YB-1 adalah model sport 50cc yang dirilis di Jepang. Motor ini memiliki desain retro yang terinspirasi oleh motor tahun 1960-an, dengan fitur seperti jok solo ala café racer, krom plating, dan emblem garpu Yamaha di tangki. Motor ini memiliki mesin 2-tak satu silinder dengan katup masuk rotary disc, transmisi manual 4-percepatan, dan penggerak rantai. Motor ini dihentikan produksinya pada tahun 1999 dan digantikan oleh YB-1 Four, yang memiliki mesin 4-tak. Berikut spesifikasi Yamaha YB-1:
Keterangan | Spesifikasi |
---|---|
Dimensi | 1760mm × 665mm × 960mm (panjang × lebar × tinggi) |
Berat | 75kg |
Tipe mesin | Pendingin udara, 2-tak, satu silinder, 49cm³ |
Daya maksimum | 3.4kW (4.6PS) / 6000 rpm |
Torsi maksimum | 5.5N・m (0.56kgf・m) / 5500 rpm |
Kapasitas tangki bensin | 7.2L |
Konsumsi bahan bakar | 80.0 km/L pada 30 km/jam |
Sistem rem | Mekanik leading-trailing untuk roda depan dan belakang |
Suspensi | Depan Teleskopik, Belakang Swingarm |
Ukuran Ban | Ukuran ban depan 2.25-17, Ukuran ban belakang 2.50-17. |
Panel instrumen | Speedometer analog dan indikator bensin. |
Tips Membeli Motor Bekas Yamaha YB-1
- Periksa dokumen-dokumen kendaraan, seperti STNK, BPKB, faktur, dan garansi. Pastikan nama pemilik di dokumen sesuai dengan identitas penjual, dan nomor rangka dan nomor mesin akur sesuai BPKB dan STNK.
- Periksa kondisi mesin, apakah masih halus, bersih, dan tidak bocor. Coba nyalakan mesin dan dengarkan suaranya, apakah ada bunyi-bunyi aneh atau tidak. Juga periksa kompresi mesin dengan cara menekan tuas gas.
- Periksa kondisi bodi, cat, list, dan pelek. Pastikan tidak ada kerusakan, karat, atau las-lasan yang mencurigakan. Jika ada, bisa jadi motor pernah mengalami kecelakaan atau modifikasi.
- Periksa kondisi kelistrikan, seperti lampu, klakson, indikator, dan speedometer. Pastikan semua berfungsi dengan baik dan tidak ada kabel yang terkelupas atau korsleting.
- Periksa kondisi ban, rem, dan suspensi. Pastikan ban masih tebal dan tidak botak, rem masih pakem dan tidak berbunyi, dan suspensi masih empuk dan tidak bocor.
- Lakukan test ride untuk merasakan performa motor secara langsung. Perhatikan apakah akselerasi, transmisi, kopling, dan handling motor masih responsif dan nyaman.
Kelebihan Yamaha YB-1
- Desain retro yang klasik dan menarik, dengan elemen-elemen seperti jok solo ala café racer, krom plating, dan emblem garpu Yamaha di tangki.
- Mesin 2-tak yang bertenaga dan responsif, dengan katup masuk rotary disc yang meningkatkan torsi dan performa.
- Transmisi manual 4-percepatan yang memberikan sensasi berkendara yang menyenangkan dan mengasah keterampilan mengoperasikan kopling.
- Konsumsi bahan bakar yang irit, mencapai 80.0 km/L pada kecepatan 30 km/jam.
Kekurangan Yamaha YB-1
- Karburator yang sering bermasalah, seperti jedut-jedut saat digeber lama, susah diatur, dan boros bensin.
- Akselerasi yang kurang responsif, terutama saat berboncengan atau menanjak.
- Suku cadang yang sulit dicari sebagian masih impor dari India.
- Desain yang kurang variatif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar