Spesifikasi Harga Suzuki Satria 120 S

Kamis, 04 Januari 2024

Spesifikasi Harga Honda Astrea Grand

Honda Astrea Grand adalah sepeda motor bebek yang diproduksi oleh Honda pada tahun 1990-1998. Honda Astrea Grand merupakan generasi kedua dari Honda Astrea, yang merupakan cicit dari Honda Super Cub. Honda Astrea Grand dikenal dengan ketangguhan mesin, kenyamanan berkendara, dan keiritan bahan bakar. Honda Astrea Grand memiliki mesin 95cc dengan sistem pengapian CDI. Honda Grand tersedia dalam beberapa varian, seperti Astrea Grand Bulus, Astrea Grand Duck Tail, dan Astrea Grand Impressa. Honda Astrea Grand masih diproduksi dan dijual di beberapa negara, seperti Vietnam dan Filipina. Honda Astrea Grand juga memiliki beberapa rival yang bersaing di segmen motor bebek, antara lain Suzuki Shogun Yamaha Vega Kawasaki Kaze.Konsumsi bahan bakar Honda Grand adalah salah satu keunggulan motor bebek ini. Konsumsi BBM Honda Grand berkisar antara 55-70 km/liter. Angka ini didapatkan melalui hasil tes lab R&D Honda dengan metode ECE R40. Konsumsi BBM Honda Astrea Grand ini tergolong sangat irit, bahkan ada anekdot yang menyebut, bila tangki Honda Astrea Grand ini cuma nyium aroma bensin saja sudah mau jalan.

Spesifikasi Honda Astrea Grand

HONDA GRANDSpesifikasi
Tipe mesin4-stroke, silinder tunggal, SOHC, pendingin udara
Isi silinder85,8 cc
Diameter x langkah47,0 x 49,5 mm
Rasio kompresi9,4:1
Daya maksimum7,3 dk @ 8.000 rpm
Torsi maksimum7,55 Nm
Sistem transmisiManual, 4-speed
KarburatorKeihin 16 mm
KoplingManual, basah, multi-plat
Tipe rangkaBack bone
Jarak sumbu roda1.180 mm
Berat kosong83 kg
Rem depanTromol
Rem belakangTromol
Ban depan2,25-17 4PR
Ban belakang2,50-17 4PR
Panjang                                                 1.854 mm
Lebar667 mm
Tinggi1.043 mm
Jarak sumbu roda1.203 mm
Kecepatan Maksimal90-100 km/jam
Konsumsi BBM1 ; 50-60
Kapasitas Tangki4.4 Liter

Generasi Honda Astrea Grand

  1. Astrea Grand Bulus (1990-1992): Memiliki lampu depan bulat, spakbor depan plastik, dan mesin 95cc dengan sistem pengapian CDI.
  2. Astrea Grand Duck Tail (1992-1994): Memiliki lampu depan kotak, spakbor depan besi, dan mesin 95cc dengan sistem pengapian CDI.
  3. Astrea Grand Impressa (1994-1996): Memiliki lampu depan kotak dengan kaca bening, spakbor depan plastik, dan mesin 95cc dengan sistem pengapian CDI.
  4. Astrea Grand Astrea (1996-1998): Memiliki lampu depan kotak dengan kaca bening, spakbor depan plastik, dan mesin 100cc dengan sistem pengapian CDI.

Kelebihan Honda Astrea Grand

  1. Irit: Honda Grand terkenal dengan keiritan bahan bakarnya, yang dapat mencapai 55-70 km/liter1. Bahan bakar yang direkomendasikan untuk Honda Grand adalah Pertamax atau Pertamax Turbo.
  2. Nyaman: Honda Grand memiliki jok yang tebal, shock breaker yang empuk, dan ergonomi yang baik, sehingga membuat pengendara dan penumpang merasa nyaman. Honda Grand juga tidak mudah panas dan tidak bikin badan pegal.
  3. Gampang dirawat: Honda Grand memiliki mesin yang handal dan andal, dengan sistem pengapian CDI yang awet. Suku cadang Honda Grand juga mudah didapat, baik yang original maupun yang KW. Honda Grand juga mudah dimodifikasi sesuai selera.
  4. Harga terjangkau: Honda Grand memiliki harga yang terjangkau, baik saat baru maupun bekas. Honda Grand juga memiliki nilai jual yang tinggi, karena banyak diminati oleh pecinta motor klasik.

Kekurangan Honda Astrea Grand

  1. Kapasitas tangki bahan bakar yang kecil: Honda Grand hanya memiliki kapasitas tangki bahan bakar sekitar 4,4 liter, yang tergolong kecil untuk ukuran motor bebek. Hal ini bisa menjadi masalah jika Anda sering bepergian jauh atau di daerah yang sulit mencari pom bensin.
  2. Desain yang kuno: Sesaui generasi Honda Grand memiliki desain yang kuno dan kurang menarik, terutama jika dibandingkan dengan motor bebek keluaran terbaru. Honda Grand juga tidak memiliki fitur-fitur modern, seperti lampu LED, panel digital, atau rem cakram.
  3. Suku cadang asli yang langka: Honda Grand sudah tidak diproduksi lagi sejak tahun 1998, sehingga suku cadangnya semakin langka dan sulit didapatkan. Anda mungkin harus mencari suku cadang Honda Grand di bengkel-bengkel khusus atau pasar loak. Suku cadang Honda Grand yang KW juga banyak beredar, yang bisa menurunkan kualitas dan performa motor Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar