Yamaha Lexi merupakan salah satu besutan motor matic Yamaha yang baru saja diluncurkan beberapa tahun yang lalu. Pabrikan Yamaha memang memberi banyak kelebihan untuk motor ini. Tapi bukan berarti tidak punya kekurangan. Kelebihannya mulai dari mesin, sudah mengadopsi teknologi variable valve actuation (VVA). Sehingga performanya sanggup melewati seluruh skutik di kelas 125 cc yang dijual di Indonesia. Tidak terkecual Salah satu rivalnya Honda Vario 125. Yamaha Lexi 125 Juga menggunakan model dek yang rata, bagasi dengan kapasitas besar yang sepertinya sanggup memuat helm full face. Untuk Spesifikasi Lainya
Spesifikasi | : | Nilai |
---|---|---|
Tipe Mesin | : | 4 Langkah, SOHC, 2 Valve |
Sistem Bahan Bakar | : | Fuel Injection |
Diameter x Langkah | : | 52,4 x 57,9 mm |
Volume Silinder | : | 124,7 cc |
Perbandingan Kompresi | : | 11,2 : 1 |
Daya Maksimum | : | 9,4 kW / 8.000 rpm |
Torsi Maksimum | : | 11,5 Nm / 6.500 rpm |
Sistem Starter | : | Electric Starter |
Sistem Pelumasan | : | Basah |
Kapasitas Oli Mesin | : | Total = 0,84 L ; Berkala = 0,80 L ; Ganti Filter = 0,77 L |
Tipe Kopling | : | Kering, Sentrifugal |
Tipe Transmisi | : | V-Belt Automatic |
Sistem Pengapian | : | TCI |
Sistem Pendingin | : | Liquid Cooled |
Sistem Pembakaran | : | Fuel Injection |
Sistem Kelistrikan | : | DC 12V, 5.0 Ah |
Tipe Aki | : | GTZ4V / YTZ4V |
Tipe Busi | : | NGK / MR8E-9 |
Jarak Sumbu Roda | : | 1.350 mm |
Jarak Terendah ke Tanah | : | 133 mm |
Berat Isi | : | 114 kg |
Kapasitas Tangki Bahan Bakar | : | 4,2 L |
Tipe Rangka | : | Underbone |
Tipe Suspensi Depan | : | Teleskopik |
Tipe Suspensi Belakang | : | Unit Swing |
Tipe Rem Depan | : | Cakram Hidrolik |
Tipe Rem Belakang | : | Cakram Hidrolik |
Tipe Ban Depan | : | 90/90-14M/C 46P Tubeless |
Tipe Ban Belakang | : | 100/90-14M/C 57P Tubeless |
Kelebihan Yamaha LEXI
- Mirip dengan NMax, Lexi memiliki karakteristik yang sama-sama mampu membawa barang bawaan dalam jumlah banyak di bawah jok. Namun, Lexi memiliki nilai tambah di mana pengguna bisa meletakkan barang bawaan di dek motor, karena Lexi mengadopsi desain flat deck, alias pijakan kaki depannya rata.
- Suspensi Lexi terbilang empuk ketimbang Honda Vario 125 yang menurut kami punya karakter suspensi keras. Ini karena Lexi menggunakan suspensi model sub-tank di belakang. Suspensi depan dan belakang Lexi punya paduan yang menurut kami pas untuk digunakan di jalan perkotaan. Jok Lexi juga cukup empuk, bahkan lebih nyaman diduduki ketimbang jok Yamaha NMax.
- Kapasitas tangki bensin Yamaha Lexi hanya 4,2 liter. Jarak tempuhnya dalam sekali pengisian penuh tidak cukup jauh dan berbeda dari kompetitor yang bisa lebih dari 5 liter 3.
- Kapasitas bagasi Yamaha Lexi juga bukan yang lega-lega amat. Meskipun Yamaha membuat kompartemen di bawah joknya bisa menampung barang sampai 12,8 liter, namun bila dibandingkan dengan Soul GT (14 liter), bagasi adik Nmax ini lebih kecil 5.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar