Spesifikasi Motor Honda Ax-1 ini merupakan modifikasi dari honda nx 250. Sebenarnya motor ini awalnya hanya akan dipasarkan di jepang saja akan tetapi ternyata motor ini juga ditawarkan ke negara - negara di oceania. Honda AX-1 menggunakan sasis yang sama dengan NX 250 yang membedakan adalah honda AX-1 menggunakan pelek alloy, alumunium prolink untuk suspensi belakang, rem cakaram di roda belakang, lampu depan dibuat ganda dan berbentuk bulat dan Honda AX-1 ini memiliki pengaturan karburator yang berbeda dengan NX 250. Motor Honda AX-1 adalah motor dual-purpose yang dirilis pada tahun 1987 di Jepang. Motor ini memiliki desain yang menggabungkan gaya sport dan off-road, dengan mesin 249cc, 4-tak, satu silinder, DOHC, 4-klep yang menghasilkan 29 PS. Motor ini juga dilengkapi dengan suspensi depan teleskopik, suspensi belakang pro-link, rem cakram depan dan belakang, dan ban on-off road. Motor Honda AX-1 populer di kalangan pengantar barang, karena memiliki performa yang tangguh, irit, dan responsif di perkotaan. Motor ini juga cocok untuk petualangan di medan off-road, karena memiliki ground clearance yang tinggi dan bobot yang ringan. Motor ini dijual dengan nama Honda NX250 Dominator di pasar Eropa dan Amerika. Berikut Adalah Spesifikasi Motor Honda AX-1
Keterangan | Spesifikasi |
---|---|
Engine | Liquid cooled, four stroke, single cylinder, DOHC |
Capacity | 249 |
Bore x Stroke | 70 × 64.8 mm |
Compression Ratio | 11.0:1 |
Induction | PD6B |
Ignition / Starting | CDI / electric |
Max Power | 29 hp @ 8500 rpm |
Max Torque | 2.6 kgf-m @ 7500 rpm |
Transmission / Drive | 6 Speed / chain |
Front Suspension | Telescopic forks |
Rear Suspension | Swing arm system |
Front Brakes | Single disc |
Rear Brakes | Single disc |
Front Tyre | 90/100- 19 |
Rear Tyre | 120/90- 16 |
Dry Weight | 118 kg |
Fuel Capacity | 9 Litres |
Panjang | 2085 mm |
Lebar | 805 mm |
Tinggi | 1120 mm |
Jarak sumbu roda | 1350 mm |
Jarak terendah ke tanah | 250 mm |
Tinggi tempat duduk | 810 mm (AX-1), 820 mm (NX250) |
Berat kering | 114 kg (AX-1), 118 kg (NX250) |
Berat basah | 124 kg (AX-1), 128 kg (NX250) |
Kekurangan Motor Honda AX-1
- Mesin yang sering overheat, terutama saat digunakan di cuaca panas atau macet.
- Suku cadang yang langka dan mahal, karena motor ini sudah tidak diproduksi lagi sejak tahun 1994.
- Kelistrikan yang rentan bermasalah, seperti lampu yang mati, spidometer yang tidak akurat, atau aki yang tekor.
- Desain yang kurang modern, karena motor ini masih menggunakan karburator, kick starter, dan speedometer analog.
- Performa yang kurang maksimal, karena motor ini memiliki bobot yang cukup berat (128 kg) dan tenaga yang tidak terlalu besar (29 PS).
Kelebihan Motor Honda AX-1
- Mesin 249cc, 4-tak, satu silinder, DOHC, 4-klep yang bertenaga dan irit, dengan output maksimum 29 PS dan torsi 25 Nm.
- Transmisi manual 6-percepatan yang responsif dan menyenangkan, dengan penggerak rantai yang kuat dan ringan.
- Suspensi depan teleskopik dan suspensi belakang pro-link yang nyaman dan stabil, baik di jalan aspal maupun tanah.
- Rem cakram depan dan belakang yang aman dan efektif, dengan sistem ABS yang mencegah roda terkunci saat pengereman mendadak.
- Ban on-off road yang cocok untuk berbagai medan, dengan ukuran 90/100-19 untuk depan dan 120/90-16 untuk belakang.
- Desain yang sporty dan gagah, dengan lampu depan bulat, spakbor pendek, jok panjang, dan tangki bensin berkapasitas 9 liter.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar